Pada tulisan kali ini saya akan menuliskan deskripsi mengenai desain web e-commerce yang telah saya buat, tentu saja gambar-gambar pada desain ini tidak sepenuhnya saya buat sendiri melainkan ada beberapa gambar yang saya ambil dari website e-commerce blanja.com dan blibli.com serta gambar dari pencarian google image. Penulisan ini juga digunakan untuk memenuhi tugas mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer, tanpa membuang waktu lagi berikut penjelasan mengenai desain web e-commerce.
Pertama-tama kita bahas mengenai tema. Tema desain web e-commerce ini adalah simple dan elegant untuk itu desain, tulisan, layout, gambar yang saya pilih akan saya sesuaikan dengan temanya yaitu simple dan elegant, tema ini saya pilih karena orang-orang cenderung lebih menyukai sebuah desain yang simple tidak banyak pola-pola rumit yang mereka lihat sehingga tidak melahkan mata juga saat mereka mencari barang yang mereka mau dan ditambah dengan desain yang elegant sehingga mereka akan betah untuk melihat-lihat barang yang tersedia.
Selanjutnya adalah layout, saya menggunakan layout yang sederhana (simple) dalam desain ini karena seperti yang sebelumnya saya katakan semakin sedikit pola-pola rumit yang diberikan semakin tidak cepat lelah mata memandangnya untuk itu saya hanya menggunakan layout kotak dan garis dalam desain ini.
Selanjutnya adalah aspek warna, warna utama yang saya gunakan adalah warna biru muda, abu-abu, dan warna background utama adalah putih, dicampur dengan warna-warna lain yang tidak begitu mencolok pada gambar-gambar yang saya gunakan. Saya memilih kombinasi biru muda, putih, abu-abu karena “warna biru muda memiliki arti kejernihan pikiran dan komunikasi. Ini mengilhami ekspresi diri, mendorong orang untuk menyetel ke kebutuhan mereka sendiri. Secara psikologis warna biru muda menenangkan emosi dan mengisi kembali semangat, menyegarkan tingkat energi yang habis dan pikiran positif inspirasi. Biru muda adalah warna bermanfaat bagi setiap bisnis yang berhubungan dengan komunikasi, termasuk guru, pelatih, pembicara publik, media komunikasi dan teknologi komputer.” Sehingga saya memilih warna biru muda agar orang-orang yang berkunjung dan melihat akan betah berlama-lama untuk mencari barang yang mereka inginkan dan pemilihan warna putih karena warna ini sangat cocok untuk masuk atau bersanding dengan warna-warna lainnya, serta warna abu-abu untuk membedakan antara warna putih di desain atau gambar tertentu dan juga agar warna putih pada background utama tidak terlalu banyak yang kemungkinan akan melelahkan mata pengunjung karena warna putih yang membuat layar menjadi terlalu terang.
Terakhir adalah pemilihan font pada merek atau nama web e-commerce. Font yang saya pilih adalah font OCR A Extended Regular saya memilih ini karena desainnya yang simple dan terlihat elegant serta tidak hanya lengkungan-lengkungan biasa yang terdapat pada kebanyakan font, tentu saja juga tidak seperti font-font yang ditulis dengan banyak lengkungan sehingga agak sulit untuk dibaca. Jika saya menggunakan font yang seperti itu maka pengunjung juga tidak akan menggingat desain merek yang saya gunakan, untuk itu saya memilih font ini agar para pengunjung tertarik untuk melihat merek dan mengingat mereknya. Untuk tulisan yang lain yang paling penting adalah penggunaan font yang tidak terlalu banyak lengkungan agar pengunjung betah melihat dan tidak menyulitkan penggunjung saat membacanya. Sekian penjelasan tentang desain web e-commerce yang saya buat sampai ketemu di tulisan selanjutnya…
Credits :
Blanja.comBlibli.com
Google image
Desain yang bagus. Klo bisa, gambarnya jangan di scretch. Jadi ga balance. Dan ada sesuatu pembeda dari layout e-commerce yang sudah ada
BalasHapusTrims,
Reza Chandra
Wihh manteb gan info nya, makasih gan
BalasHapuswebsite nya rapih
kunjung balik gan, banyak artikel tentang kesehatan dan pengobatan penyakit
Golden Gamat Mitoha
Golden Gamat Mitoha