Jumat, 11 November 2016

Design Patterns (Pola Desain)

1.      Getting Input à Forms à Autosave
Pertama adalah pola desain dari autosave. Ringkasan masalah pengguna ingin data mereka aman tersimpan dengan penyimpanan sementara agar mereka dapat fokus bekerja tanpa harus mengingingat untuk menyimpan data mereka.

Contoh :


Pemakaian : Gunakan ketika anda ingin membantu pengguna untuk fokus pada pekerjaan mereka tanpa perlu khawatir apakah data mereka aman dan tersimpan.

Solusi : Mencegah kehilangan data tanpa disengaja dengan secara otomatis menyimpan input pengguna pada interval tetap atau di saat-saat penting. Pertimbangkan apakah frekuensi penyimpanan otomatisnya berlebihan atau tidak, dan peristiwa apa yang penting untuk memicu autosave. Saat yang paling jelas adalah dengan mengklik tombol autosave tetapi dengan cara berpindah fokus ke bidang lain juga menarik untuk disimak.

Tombol save : Untuk memberi panduan yang lebih baik kepada pengguna tentang data mereka yang telah tersimpan lebih baik dengan mengubah label “save” dengan label “saved” yang artinya telah tersimpan di media penyimpanan.

Alasan : Biarkan pengguna khawatir dengan membuat konten yang bagus daripada membuat pengguna khawatir dengan kehilangan konten tersebut. Menghilangkan tombol save akan membuat pengguna takut untuk itu pertahankan tombol save agar pengguna merasa aman dan pertimbangkan untuk memberi tombol undo untuk pengguna.
Diskusi : Ketika menerapkan fungsi auto-save, pertimbangkan untuk tidak menghapus tombol "save”. Pengguna cenderung panik, ketika tidak ada tombol "save and exit". Meskipun hanya tombol "Save" atau hanya menutup jendela tidak apa-apa, yang penting membuat pengguna merasa aman bahwa datanya telah tersimpan. Apakah sistem mendengarku? Apakah saya yakin bahwa saya yakin?

2.      Getting Input à Community driven à Pay To Promote
Ringkasan masalah pengguna ingin membayar untuk memprioritaskan konten mereka sendiri di atas konten orang lain untuk mendapatkan peningkatan jangkauan dan daya tarik.

Contoh :




Pemakaian : Gunakan ketika anda ingin memberikan pengguna dan pebisnis kesempatan untuk melewatkan algoritma prioritas konten untuk diperlihatkan di depan pelanggan yang diinginkan. Gunakan ketika Anda ingin memberikan pengguna kesempatan untuk meningkatkan konten mereka pada feed dengan membayar uang.

Solusi : Biarkan pengguna membayar untuk mempromosikan konten mereka pada platform sosial seperti Quora, Twitter, OkCupid, dan LinkedIn, pengguna dapat memposting konten. Memungkinkan pengguna untuk meningkatkan visibilitas konten mereka sendiri dengan membayar uang. Bentuk iklan memungkinkan pengguna untuk mendapatkan daya tarik sambil mempertahankan tampilan dan nuansa asli ke platform. Situs seperti Quora dan Facebook memungkinkan pengguna untuk meningkatkan tulisan mereka dengan membayar uang, yang kembali memberi mereka visibilitas yang lebih besar di feed konten di atas konten biasa yang tidak berbayar. Kencan-situs seperti OkCupid memungkinkan pengguna untuk meningkatkan profil mereka dalam pandangan. LinkedIn melakukan hal yang sama meskipun sebagai bagian dari rencana keanggotaan dibayar bukan dengan konten individual seperti di Facebook.

Diskusi : Membayar untuk mempromosikan pola merupakan bagian dari konsep iklan asli, yang memadukan konten biasa dengan konten berbayar. Keduanya terlihat sama dengan perbedaan hanya dibayar semacam memiliki "Link" label atau "Iklan" label.

3.      Getting Input à Content à Cards
Ringkasan masalah kebutuhan pengguna untuk menelusuri konten dari berbagai jenis dan panjang.

Contoh :


Penggunaan :
·         Gunakan untuk menampilkan konten yang terdiri dari unsur-unsur yang berbeda
·         Gunakan untuk menampilkan unsur-unsur yang ukurannya atau tindakan bervariasi seperti foto sesuai dengan keterangan panjang variabel.
·         Gunakan ketika menampilkan konten yang ...
o   Sebagai koleksi, terdiri dari beberapa tipe data (gambar, film, teks)
o   Tidak memerlukan perbandingan langsung
o   Mendukung isi yang variabel sangat panjang (keterangan, komentar)
o   Berisi konten interaktif
Solusi : Menampilkan entri point untuk merincikan dan memvariasikan konten dalam bentuk yang sama. Kartu bisa berisi foto, teks, dan link tentang satu subjek. Pertimbangkan hanya mengscroll koleksi kartu dalam satu arah: horizontal atau vertikal. konten kartu yang melebihi ketinggian kartu maksimum (jika scrolling vertikal) atau lebar (jika scrolling horizontal) dipotong dan tidak bergulir, tapi dapat diperluas. Setelah diperluas, kartu dapat melebihi maksimum tinggi atau lebar dari tampilan.

Kartu dapat dimanipulasi : Salah satu hal yang paling penting tentang kartu adalah kemampuan mereka untuk dimanipulasi hampir tak terbatas. Mereka dapat diserahkan untuk mengungkapkan lebih, ditumpuk untuk menghemat ruang, dilipat untuk ringkasan  dan diperluas untuk lebih jelasnya, diurutkan, dan dikelompokkan. Kami dapat memberi petunjuk pada sisi belakang atau pada bagian luar kartu. Kemiripan kartu dengan dunia nyata membuat mereka bagus dalam metafora konseptual besar yang kami dapat dengan mudah berhubungan segala macam manipulasi.

Alasan : Kartu sangat bagus untuk menampilkan unsur-unsur gabungan yang ukurannya atau tindakannya yang bervariasi. Setiap kartu berfungsi sebagai pintu masuk informasi lebih rinci, sehingga tidak boleh kelebihan beban dengan tindakan atau informasi asing. Mereka Dihapus, Digesek, diurutkan, dan disaring.

Diskusi :
1.      Mereka bermain bagus dalam responsif desain web.
2.      Mereka membuat konten yang berantakan tampak terorganisir.
3.      Mereka mudah dibaca dan skim.
4.      Mereka peringkat bebas.
5.      Mereka universal.


Sumber : http://ui-patterns.com/patterns

Tidak ada komentar:

Posting Komentar